Resep Pengobatan Alami Menggunakan Jahe Untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak

Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale bukan hanya bumbu masakan pedas, jahe juga merupakan tanaman obat yang sejak jaman dahulu telah banyak digunakan dalam obat-obatan herbal di seluruh dunia. Jahe terkenal karena kemampuannya yang luar biasa untuk membantu segala jenis gangguan pencernaan mulai dari mual-mual hingga gangguan pencernaan. Bahkan dapat digunakan untuk mengurangi gas dan perut kembung. Tetapi sistem pengobatan tradisional menggunakan jahe digunakan untuk mengobati radang sendi, rematik, keseleo, nyeri otot, nyeri, sakit tenggorokan, kram, hipertensi, demensia, demam, penyakit menular, penyakit sistem saraf, asma, stroke, diabetes, dan berbagai penyakit pencernaan. Para peneliti telah mengidentifikasi senyawa aktif dalam jahe, yaitu senyawa shogaol. Penyembuhan senyawa aktif jahe telah dibuktikan secara ilmiah dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan untuk membuktikan peningkatan kekebalan tubuh, pencegahan kanker, anti-inflamasi, anti mual, anti-oksidan, penurun gula darah, penurun kolesterol,dan penurunan tekanan darah.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Pengobatan Alami Mengunakan Jahe

1. Mengapa membeli suplemen jahe ketika kalian bisa membuat obat jahe sendiri Meskipun kita dapat membeli jahe yang sudah dalam bentuk kapsul, tincture, sirup, permen, teh, dan banyak lagi, dengan membuat obat dari jahe sendiri kita dapat belajar bagaimana untuk membuat obat jahe di rumah. Berikut lima resep untuk membuat obat dari jahe di rumah :

A. Kompres Jahe (Menghilangkan Rasa Sakit / Anti-Inflamasi)

Ahli herbal terkenal Susun Weed merekomendasikan kompres ini sebagai cara yang mudah, efektif, dan murah untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Cara inini bagus untuk mereka yang tidak suka rasa jahe. Cara membuatnya dengan memarut 5 ons jahe segar ke atas selembar kain bersih. Kumpulkan ujung kain menjadi satu dan kencangkan dengan seutas tali. Masukkan bungkusan ke dalam panci dengan 2 liter air dan panaskan dengan api kecil sampai kalian melihat gelembung terbentuk di bagian bawah panci. Tunggu sampai air berubah menjadi kuning pucat, sekitar 5-15 menit.

Tarik bundel keluar dari air, dan peras untuk mengekstrak semua cairannya. Rendam handuk kecil dalam cairan jahe panas. Peras dan gunakan handuk basah panas di area yang terasa sakit. Tutupi kompres dengan lapisan handuk untuk menahan panas. Saat kompres menjadidingin, rendam lagi dalam air jahe panas, dan oleskan kembali. Lanjutkan sampai kulit menjadi sangat merah dan hangat. Ulangi di pagi dan malam hari.

B. Minuman Jahe Madu (Obat Batuk Dan Sakit Tenggorokan)

Cara mudah untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan adalah dengan

mengkombinasikan jahe dan madu. Caranya dengan memotong jahe segar menjadi potongan- potongan kecil dan masukkan ke dalam stoples. Tuang madu secukupnya untuk menutupi jahe sepenuhnya. Diamkan setidaknya selama satu minggu, buka setiap hari untuk memastikan gas yang terperangkap dapat keluar dengan aman. Ketika sudah merasa cukup dengan aroma yang di keluarkan, saringlah melalui kain tipis dan simpan dalam toples. Ambil sesendok dan tambahkan ke air panas untuk membuat teh.

C. Fire Cider (Untuk Musim Dingin dan Bagus Untuk Pilek)

Minuman panas, pedas, dan manis ini dikenalkan oleh ahli herbal terkenal Rosemary Gladstar yang berhasiat untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin dan obat untuk pilek dan batuk.

  • 1 Bagian Bawang Putih
  • 1 Bagian Lobak
  • 1 Bagian Bawang Bombay
  • ½ bagian Jahe Segar
  • Cayenne secukupnya
  • Madu
  • Cuka sari apel

Potong bawang putih segar, bawang bombay, dan lobak menjadi potongan- potongan kecil, pastikan cukup untuk mengisi botol 1 liter. Parut jahe segar dan tambahkan sekitar setengah jumlah dari tiga bahan pertama. Jumlah dan proporsi bervariasi sesuai dengan selera kalian. Kalian selalu dapat menyesuaikan rasa dalam percobaan yang akan datang. Tutup dengan cuka sari apel (simpan cuka sekitar dua hingga tiga inci di atas bumbu). Tambahkan sedikit cabai secukupnya. Diamkan dua hingga tiga minggu. Saring dan buang bumbu. Tambahkan madu secukupnya.

D. Sup Untuk Mukungan Kekebalan Tubuh

Dokter Debra Brammer, ND, mempresentasikan resep ini dalam sebuah ceramah yang disebut Herbal untuk Mendukung Kekebalan Tubuh pada tahun 2011 ketika dia menjadi seorang Dekan Klinis Kedokteran Naturopati di Bastyr Center for Natural Health.

  • 1 quart miso, kaldu ayam, kaldu sayuran atau kaldu jamur
  • 1 bawang kuning bombai yang dicacah
  • 3 sendok makan parutan jahe segar
  • 5 siung bawang putih, dicincang atau dihancurkan
  • ½ cup cangkir jamur shiitake yang sudah di iris
  • 1⁄2 lemon yang sudah di jus
  • 1 wortel yang sudah di parut
  • 3 sdm peterseli segar yang cincang
  • 1 batang serai

Campurkan kaldu, bawang bombai, jahe, bawang putih, jamur dan biarkan mendidih selama 15 hingga 20 menit. Angkat dari api dan tambahkan jus lemon, wortel, peterseli dan serai jika menggunakan. Tutup panci dan kukus selama 5 menit. Hilangkan serai sebelum disajikan.

E. Infus dari jahe

Infus adalah pilihan sederhana lainnya untuk pengobatan mengunakan jahe. Untuk infus, tuangkan secangkir air mendidih ke atas teh jahe segar dan biarkan meresap selama 5 menit. Untuk rebusan menggunakan jahe kering (cincang atau tumbuk), bawa jahe kering (ditambah kayu manis, kapulaga, dan cengkeh, jika ingin) dan kemudian didihkan selama 15 menit sebelum menyaring dan menambahkan lemon segar dan madu secukupnya. Sekian tips dari kami dan selamat mencoba.

Itulah Beberapa resep pengobatan alami yang bisa anda buat di rumah menggunakan jahe. mungkin informasi ini dapat membantu anda Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: akuinginsehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *