Mengenal Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya

Ambeien (Hemorrhoids) atau lebih di kenal dengan sebutan Wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah yang terdapat di anus dan rektum bagian bawah, yang mirip dengan varises. Ambeien memiliki beberapa penyebab, meskipun seringkali penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. Penyebabnya mungkin hasil dari mengejan saat buang air besar atau dari tekanan yang meningkat pada pembuluh darah selama masa kehamilan. Ambeien biasanya terletak di dalam rektum (ambeien internal), bahkan juga dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus (ambeien eksternal). Ambeien adalah penyakit yang sangat umum. Hampir tiga dari empat orang dewasa menderita ambeien dari waktu ke waktu. Kadang-kadang mereka tidak menyebabkan gejala tetapi di lain waktu mereka menyebabkan gatal, tidak nyaman dan berdarah saat buang air besar. Untungnya, banyak pilihan efektif tersedia untuk mengobati ambeien. Banyak orang bisa mendapatkan bantuan untuk mengatasi penyakit ambeien dengan perawatan di rumah atau perubahan gaya hidup.

Gejala Penyakit Ambeien yang sering terjadi

Cara menyemuhkan Ambien wasir dengan bahan alami

Ambein merupakan penyakit yang dapat mengganggu proses saat buang air besar. Penyakit ini juga memiliki gejala. Tanda dan gejala ambeien dapat meliputi:

  • Pendarahan tanpa rasa sakit selama buang air besar
  • Gatal atau iritasi di daerah anus
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman
  • Bengkak di sekitar anus
  • Benjolan di dekat anus

Untuk ambeien internal. Ambeien ini terletak di dalam dubur. kalian biasanya tidak dapat melihat atau merasakan ambeien ini, dan mereka jarang menyebabkan ketidaknyamanan. Tetapi mengejan atau iritasi saat buang air besar dapat merusak permukaan ambeien dan menyebabkannya pendarahaan saat proses buang air besar. Kadang-kadang, mengejan dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Sedangkan ambeien eksternal, terletak di bawah kulit di sekitar anus. Ketika teriritasi, ambeien luar bisa gatal atau berdarah.Dan untuk ambeien trombosis.

Pada suatu kasus darah terkumpul pada ambeien eksternal dan membentuk gumpalan (trombus) yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, pembengkakan, peradangan dan benjolan keras di dekat anus. Pendarahan saat buang air besar adalah tanda ambeien yang paling umum. Ketika kalian pergi ke dokter, dokter melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk mengkonfirmasi ambeien. Dan cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kalian jika kalian mengetahui menderita ambeien yang menyebabkan rasa sakit, sering berdarah, dan tidak membaik setelah mengobati ambeien kalian dengan obat tradisional. Namun jangan menganggap pendarahan dubur disebabkan oleh wasir, terutama jika kalian berusia di atas 40 tahun.

Pendarahan dubur dapat terjadi karena penyakit lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur. Jika kalian mengalami pendarahan bersama dengan perubahan yang nyata pada kebiasaan buang air besar atau jika feses kalian berubah warna atau konsistensi, segera konsultasikan dengan dokter kalian. Dan cobalah cari perawatan darurat jika kalian mengalami pendarahan dubur, sakit kepala ringan, pusing, atau bahkan pingsan.

Penyebab Terjadinya Ambeien

Pembuluh darah di sekitar anus kalian cenderung akan meregang di bawah tekanan dan mungkin membengkak. Pembengkakan pada vena dapat terjadi karena peningkatan tekanan di rektum bawah karena :

  • Mengejan saat buang air besar
  • Duduk dalam waktu lama di toilet
  • Diare kronis atau sembelit
  • Kegemukan
  • Kehamilan
  • Hubungan anal
  • Diet rendah serat
  • Ambeien lebih mungkin terjadi karena penuaan karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di dubur dan anus.

Seiring bertambahnya usia, kalian akan memiliki berisiko lebih tinggi terkena ambeien. Itu dapat terjadi karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di dubur dan anus melemah melemah dan meregang. Ini juga bisa terjadi ketika kalian sedang hamil, karena berat bayi memberi tekanan pada daerah anus. Ambeien dapat menyebabkan komplikasi namun kasus ini jarang terjadi. Penyakit anemia dapat timbul akibat dari ambeien, ini dapat terjadi ketika kalian mengeluarkan banyak darah ketika menderita ambeien kemudian tubuh kalian tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengikat oksigen.

Cara Pencegahan Terjadinya Ambeien

Cara terbaik untuk mencegah ambeien adalah dengan menjaga tinja tetap lunak, sehingga mudah dikeluarkan. Untuk mencegah ambeien dan mengurangi gejala ambeien, ikuti tips berikut:

  1. Makan makanan yang mengandung serat yang tinggi. Seperti makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Melakukan hal itu melunakkan tinja dan meningkatkan kotorannya, yang akan membantu kalian menghindari tekanan yang dapat menyebabkan ambeien. Menambahkan serat ke dalam makanan kalian secara perlahan untuk menghindari masalah dengan bau kentut.
  2. Minum banyak cairan. Minumlah enam hingga delapan gelas dan cairan lain (bukan alkohol) setiap hari untuk membantu menjaga tinja tetap lembut.
  3. Pertimbangkan suplemen yang mengandung serat. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat dalam jumlah yang direkomendasikan yaitu 25 gram sehari untuk wanita dan 38 gram sehari untuk pria dalam makanan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen serat yang dijual bebas, seperti Metamucil dan Citrucel, menurunkan gejala keseluruhan dan perdarahan pada ambeien . Produk- produk ini membantu menjaga agar tinja menjadi lunak dan teratur. Jika kalian menggunakan suplemen serat, pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lain setiap hari. Jika tidak, suplemen tersebut dapat menyebabkan sembelit.
  4. Jangan tegang. Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan tinja menciptakan tekanan yang lebih besar di pembuluh darah di dubur.
  5. Pergi segera setelah kalian merasakan buang air besar. Jika kalian menunggu untuk buang air besar dan keinginan itu hilang, tinja kalian bisa menjadi kering dan lebih sulit untuk dilewati.
  6. Olahraga. Tetap aktif merupakan hal untuk membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada vena, yang dapat terjadi dengan berdiri atau duduk dalam waktu lama. Olahraga juga dapat membantu kalian menurunkan berat badan berlebih yang mungkin berkontribusi terhadap wasir kalian.
  7. Hindari duduk terlalu lama di toilet. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh dari di anus.

Dan Itulah beberapa info esehatan mengenai Gejala, Penyebab, dan Cara mengatasi Ambeien. Semoga informasi ini dapat membantu.

You May Also Like

About the Author: akuinginsehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *