Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui

Halo teman-teman kali ini kami akan membahas salah satu manfaat dari bumbu dapur yang bernama ketumbar. Untuk kalian ketahui bahwa ketumbar memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Ketumbar umumnya dikenal dengan nama dhaniya di India dan Cilantro di Amerika dan beberapa bagian Eropa. Ketumbar merupakan ramuan yang banyak digunakan di seluruh dunia sebagai pengobatan, bumbu, hiasan, atau dekorasi pada hidangan kuliner. Daun dan buahnya memiliki aroma yang dapat dikenali dan biasanya digunakan mentah atau dikeringkan untuk aplikasi kuliner.

Ketumbar yang memiliki nama latin Coriandrum sativum merupakan tumbuhan rempah-rempah yang sangat populer. Buahnya yang kecil, dikeringkan kemudian di perjual belikan dalam bentuk utuh maupun sudah menjadi bubuk. Manfaat ketumbar yang sudah banyak kita ketahui seperti untuk pengobatan peradangan kulit, kadar kolesterol tinggi, diare, sariawan, anemia, dan gangguan pencernaan. Ketumbar juga berguna untuk gangguan menstruasi, cacar, gangguan kulit, dan gangguan gula darah, dan juga untuk meningkatkan penglihatan. Namun ketumbar memiliki banyak manfaat lainnya. Langsung simak ulasan berikut!

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

1. Mengurangi peradangan kulit

Dalam ketumbar terdapat dua zat yaitu minyak atsiri dan asam linoleat. Keduanya memiliki sifat antirematik dan antiarthritis, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Masyarakat Dermatologi Jerman, para peneliti juga mencatat sifat anti-inflamasi daun ketumbar. Untuk kondisi seperti pembengkakan karena gagal ginjal atau anemia, ketumbar juga dapat efektif dalam mendorong buang air kecil untuk melepaskan kelebihan air dari tubuh.

2. Mengurangi Kolesterol

Pada ketumbar terdapat unsur zat asam, seperti asam stearat, asam palmitat, asam oleat, asam linoleat dan asam askorbat (vitamin C) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menurut jurnal Environmental Biology. Ketumbar juga mengurangi tingkat deposisi kolesterol LDL yang buruk di sepanjang dinding arteri dan vena, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular serius seperti serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke. Namun yang paling utama, zat yang terkandung dalam ketumbar membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, yang berfungsi sebagai garis pertahanan preventif terhadap sejumlah kondisi yang berbahaya.

3. Obat Untuk Penyakit Pencernaan

Komponen minyak atsiri yang terdapat di ketumbar mengandung komponen, seperti borneol dan linalool memiliki beberapa manfaat seperti membantu pencernaan, berfungsinya hati dengan baik, dan mengikat usus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Ethnobotanical Leaflets mengatakan bahwa zat pada ketumbar juga membantu dalam menghilangkan diare yang disebabkan oleh tindakan mikroba dan jamur karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, dan beta-phellandrene yang terdapat pada ketumbar semuanya memiliki efek antibakteri. Ketumbar juga semakin populer sebagai pengobatan tradisional untuk pencegahan mual, muntah, dan gangguan lambung. Selain manfaat kesehatan ini, daun ketumbar segar adalah makanan pembuka yang sangat baik untuk memperisapkan perut kalian sebelum makan.

4. Mengatur Tekanan Darah

Penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa ketumbar secara positif membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi. Dengan meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan sentral, zat ini meredakan ketegangan pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

5. Mengobati Bisul Mulut

Bisul mulut atau Mouth Ulcers dapat di obati menggunakan ketumbar. Citronellol, komponen minyak esensial dalam ketumbar, adalah antiseptik yang sangat baik. Selain itu, komponen lain memiliki efek antimikroba dan penyembuhan yang menjaga luka dan bisul di mulut memburuk. Mereka membantu mempercepat proses penyembuhan borok dan juga mencegah bau mulut. Meskipun tidak umum digunakan berbagai produk, ketumbar sering digunakan sebagai komponen antiseptik dalam semua merek pasta gigi alami. Bahkan, sebelum penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut.

6. Sebagai Anti Alergi

Beberapa penelitian telah menunjukkan ketumbar memiliki sifat anti-histamin yang kuat yang dapat mengurangi efek alergi musiman yang tidak nyaman dan demam. Minyaknya juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Secara internal, ketumbar juga dapat menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan berbahaya pada tenggorokan dan kelenjar.

7. Melindungi Tubuh dari Bakteri Salmonella

Salmonella adalah salah satu bakteri penyebab paling berbahaya dari penyakit bawaan makanan di dunia, jadi cara alami yang dapat untuk melindungi tubuh terhadap bakteri ini sangat penting. Ketumbar memiliki tingkat dodecenal yang luar biasa tinggi, suatu senyawa alami yang sebenarnya dua kali lebih kuat dari antibiotik dibandingkan pengobatan terkemuka untuk penyakit berbasis bakteri salmonella.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ketumbar kaya akan kalsium didalamnya, hal ini sangat berharga bagi orang yang ingin melindungi tulang mereka. Zat Kalsium dan zat mineral penting lainnya yang ditemukan di ketumbar dapat membantu dengan komponen integral dari pertumbuhan kembali dan daya tahan tulang, serta melindungi dari osteoporosis. Menambahkan sedikit ketumbar ke dalam makanan kalian dapat membantu menjaga tulang kalian tetap sehat dan kuat untuk tahun-tahun mendatang. Kalsium khususnya ada di tengah daun ketumbar, jadi makan pada bagian tanaman itu jika kesehatan tulang adalah fokus kalian.

9. Mengobati Penyakit Cacar

Seperti yang sudah disebutkan diatas, minyak esensial dalam ketumbar kaya akan komponen antimikroba, antioksidan, anti infeksi, dan detoksifikasi. Kehadiran vitamin C dan zat besi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat ini membantu mencegah dan menyembuhkan cacar juga dapat mengurangi rasa sakit dan memiliki efek menenangkan. Di tempat-tempat di mana wabah cacar terjadi, penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah besar vitamin C pada ketumbar memiliki efek penyembuhan yang pasti terhadap cacar.

10. Mencegah Gangguan Menstruasi

Ketumbar merupakan stimulan alami, dan dapat membantu mengatur sekresi yang tepat dari kelenjar endokrin, dan dampak hormon ini berarti membantu mengatur siklus menstruasi yang tepat dan dianggap mengurangi rasa sakit yang terkait selama periode menstruasi.

11. Merawat Mata

Ketumbar menganduk zat antioksidan dan mineral, yang semuanya dapat bermanfaat untuk mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata. Terdapat beta-karoten di daun ketumbar, yang mencegah sejumlah penyakit yang mempengaruhi mata dan bahkan dapat membalikkan efek degradasi penglihatan pada pasien yang berumur.

12. Dapat Mengontrol Diabetes

Karena efek merangsang ketumbar pada kelenjar endokrin, sekresi insulin akan meningkat dari pankreas yang kemudian memicu meningkatkan kadar insulin dalam darah. Ini mengatur asimilasi dan penyerapan gula yang tepat serta penurunan kadar gula darah. Zat ini sangat bermanfaat bagi pasien yang sedang menderita diabetes dan kondisi terkait lainnya. Ini dapat membantu menurunkan kemungkinan lonjakan yang dapat berakibat fatal, penurunan kadar gula darah dan memastikan fungsi metabolisme normal.

Itu dia 11 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatanyang belum banyak diketahui

dan sekian dulu penjelasan mengenai Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan. semoga informais ini bisa bermanfaat bagi kita semua. teria kasih.

You May Also Like

About the Author: akuinginsehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *