Cara Mengobati Ambeien Dengan Cara Rumahan dan Cara Pencegahanya

Halo teman-teman kali ini
kami akan membahas bagaimana cara mengobati ambeien kalian dengan mudah di rumah jadi kalian tidak perlu repot-repot pergi ke dokter . Pasti bagi kalian yang memiliki ambeien pasti sangat menggaggu saat kalian duduk setelah buang air besar atau saat proses buang air besar. Ambeien, biasa disebut Wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan dubur. Gejala umum dapat mencakup rasa sakit, gatal, dan pendarahan di dubur.

Ambeien dapat berkembang di dalam dan di luar anus dan rektum, masing-masing disebut ambeien internal dan eksternal. Ambeien merupakan penyakit yang sangat umum. Di amerika saja diperkirakan 75 persen orang Amerika mengalaminya di beberapa titik. Ambeien dapat menyebabkan tingkat ketidaknyamanan dari ringan hingga berat. Obat rumahan bisa mengurangi rasa sakit bahkan mengobati ambeien. Langsung saja simak ulasan berikut!

Cara mengatasi ambeien dan wasir sejara cepat

Bahan Obat Rumahan Untuk Mengobati Ambeien

1. Witch hazel

Yang pertama adalah Witch Hazel, tanaman satu memiliki nama latin Hamamelis virginiana. Tanaman ini paling sering digunakan pada kulit dan kepala, witch hazel dapat secara luas dikenal karena kemampuannya untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif. Witch hazel dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, yang merupakan dua gejala utama ambeien. Witch Hazel merupakan anti-inflamasi alami, sehingga juga bisa mengurangi pendarahan. Witch hazel dapat di temukan dalam bentuk kemasan siap pakai. Tanaman ini juga dapat ditemukan dalam bentuk produk-produk seperti tisu dan sabun anti-gatal.

2. Lidah buaya

Gel lidah buaya telah digunakan secara historis untuk mengobati ambeien dan berbagai kondisi kulit. Lidah uaya diperkirakan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi. Terdapat banyak sekali bukti klinis tentang efektivitas gel lidah buaya untuk ambeien. Gel lidah buaya dapat ditemukan yang dalam bentuk produk, tetapi kalian juga bisa menggunakan gel lidah buaya murni untuk mengobati ambeien. Gel lidah buaya murni juga dapat dipanen langsung dari daun tanaman lidah buaya. Beberapa orang alergi terhadap lidah buaya, terutama mereka yang alergi terhadap bawang putih atau bawang merah. Periksa reaksi alergi dengan gel lidah buaya ke lengan Anda. Tunggu 24 hingga 48 jam. Jika tidak ada reaksi, itu harusnya aman untuk digunakan.

3. Mandi air hangat dengan garam Epsom

Kehangatan dapat membantu mengurangi iritasi dari ambeien. Kalian dapat menggunakan bak mandi atau bisa juga dengan mandi biasa menggunakan air hangat. Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setelah setiap buang air besar merupakan waktu yang paling efektif. Menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi dapat memberikan bantuan lebih lanjut dengan mengurangi rasa sakit.

4. Salep

Salep dan krim yang dijual bebas, seperti Preparasi H yang dapat ditemukan di hampir setiap toko obat dan dapat menawarkan pengobatan yang cepat tanpa harus pergi ke dokter. Beberapa salep bahkan dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengobati ambeien agar sembuh lebih cepat. Namun, jika kalian menggunakan krim dengan hidrokortison, jangan menggunakannya selama lebih dari seminggu.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya

5. Gunakan tisu dan hindari kertas toilet

Menggunakan kertas toilet setelah buang air besar dapat memperburuk ambeien yang ada. Tisu dapat membantu menjaga agar tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut. Untuk tambahan, kalian dapat menemukan tisu dengan bahan anti-ambeien yang memberikan efek menenangkan, seperti witch hazel atau lidah buaya. Pastikan bahwa tisu yang kalian pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan pengiritasi lainnya. Zat-zat ini bisa memperburuk gejala ambeien dari pada menghilangkannya.

6. Kompres dingin

Oleskan kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit. Untuk ambeien yang berukuran besar dan menyakitkan, ini bisa menjadi pengobatan yang sangat ampuh. Selalu bungkus es di dalam kain atau handuk kertas, dan jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit.

7. Memperlunak Feses

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, obat untuk pelunak tinja atau suplemen serat, seperti psyllium, dapat membantu mengurangi sembelit, membuat tinja lebih lembut, dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Banyak dari obat untuk pelunak feses tersedia dalam bentuk seperti bubuk, kapsul, dan cairan. Kalian dapat meminum obat pelunak feses antara sekali dan tiga kali sehari.

8. Menggunakan Pakaian Yang Longgar

Mengganti pakaian ketat yang terbuat dari poliester dengan kapas katun (terutama celana dalam katun) dapat membantu menjaga area anal tetap bersih dan kering. Ini berpotensi mengurangi gejala ambeien. Dan hindari penggunaan deterjen wangi atau pelembut kain untuk mengurangi iritasi.

Cara Pencegahan Ambeien dengan Tepat

Setelah melakukan berbagai pengobatan di atas kalian juga harus melakukan berbagai pencegahan. Berikut beberapa hal pencegahan yang dapat kalian lakukan:

  1. Perubahan gaya hidup dan pola makan adalah cara terbaik untuk mencegah ambeien. Tetap aktif secara fisik dan makan sehat membantu menjaga pencernaan kalian menjadi teratur.
  2. Makan makanan yang banyak mengandung serat tinggi (terutama dari tanaman dan buah-buahan) dan minum banyak air untuk menjaga proses pencernaan bergerak dengan benar dan mencegah sembelit. Cobalah olahraga secara teratur dan menghindari duduk dalam waktu lama juga dapat membantu mencegah ambeien.
  3. Cara paling efektif untuk menghindari sembelit adalah segera pergi ke kamar mandi ketika kalian sudah merasakan ingin buang air besar. Menunda buang air besar memungkinkan usus menyerap air dari tinja. Ini membuat tinja lebih sulit ketika di keluarkan.

Dan Itulah beberapa informasi tentang cara mengoati Ambeien dengan bahan-bahan yang ada dirumahan dan beserta cara pencegahanya.

You May Also Like

About the Author: akuinginsehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *